Friday, October 12, 2012

Keamanan Jaringan ..


Materi pertama mata kuliah Network Security yang ada di Semester 5 membahas mengenai Keamanan Jaringan Komputer .. Setelah selesai membahas materi pada pertemuan pertama , dosen Network Security saya "Bapak Yudho Satrio Wirawan. ST. M." memberikan tugas mengenai Keamanan Jaringan Komputer . Pada kesempatan ini saya akan membahas Pengertian Keamanan Jaringan, Pengalaman tentang Keamanan Jaringan, Kelebihan dan Kekurangan Keamanan Jaringan. Mariiiii ~

Apa Itu Keamanan Jaringan ??

Menurut saya, keamanan jaringan adalah keadaan suatu jaringan dimana jaringan tersebut bebas dari berbagai ancaman atau beresiko dari berbagai ancaman. Tentunya suatu komputer yang terhubung ke dalam suatu jaringan atau terhubung ke internet dapat terancam oleh berbagai serangan, seperti malware, virus, worm, trojan dan lain-lain.

Pengalaman Tentang Keamanan Jaringan ..

Setelah mempelajari mata kuliah Network Security pada semester ini, saya baru menyadari bahwa selama ini saya telah mengalami berbagai pengalaman tentang keamanan jaringan. Salah satu contohnya virus yang seringkali membuat komputer  kita menjadi lelet ataupun rusak karena virus tersebut tidak terdeteksi oleh anti-virus yang kita punya dan akhirnya kita harus meng’install’ ulang OS komputer kita. Itu merupakan salah satu contoh bahwa keamanan jaringan kita belum baik. Adapun contoh dimana kita pernah belajar Administrasi Komputer , dimana kita belajar membuat jaringan, routing dan memberi password pada router mengenskripsi password tersebut agar tidak mudah dipecahakan, dan juga memberi jalur/routing agar tidak sembarangan computer dapat masuk ke dalam jaringan yang kita buat. Itu pun menjadi salah satu contoh dari kemanan jaringan.

Kelebihan dan Kelemahan Keamanan Jaringan.

Kelebihan dari Keamanan Jaringan yaitu tentu saja setiap komputer yang memiliki kemanan jaringan yang bagus tentu saja memiliki resiko yang lebih kecil untuk terserang dibanding dengan komputer yang memiliki kemanan jaringan yang tidak baik.

Kekurangan dari Keamanan Jaringan yaitu tentu saja semakin aman suatu jaringan maka akan semakin kompleks juga pengaturannya. Yang berarti akan lebih sulit dibuat dan sulit diserang. Yang menjadi kendala adalah misalkan suatu password yang memiliki keamanan tinggi tentu saja akan sangat kompleks dan tidak akan mudah diingat.


Sekian , Terima Kasih ..
Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semua ..

Nama : Eka Agusti Ningsih
Kelas : 3B
NPM : 1103058
Jurusan : Teknik Informatika
POLITEKNIK POS INDONESIA

 
 

0 comments:

Post a Comment